Cara Mengurangi Risiko Mata Minus

15.50

Mata minus merupakan suatu kondisi di mana seseorang tidak bisa melihat secara jelas suatu objek yang berjarak jauh. Kelainan ini terjadi karena mata tidak bisa membiaskan cahaya dengan benar pada objek tunggal. Akibatnya, objek yang berjarak cukup jauh tampak buram atau berbayang. Namun, objek yang jaraknya dekat tetap terlihat jelas. Karena itulah, gejala ini sering disebut juga rabun jauh.

Secara ilmiah, mata minus dapat disebabkan oleh sumbu bola mata yang terlalu panjang sehingga bayangan objek jatuh di depan retina. Selain itu, gangguan penglihatan bisa terjadi akibat kornea yang terlalu melengkung. Apa pun penyebabnya, fenomena mata minus terjadi tanpa memandang usia. Mata minus bisa dialami oleh anak-anak, remaja, dan dewasa, baik pria maupun wanita.

Berdasarkan tingkat keparahannya, mata minus atau miopi dapat dibagi tiga. Pertama, miopi rendah (0,5-3). Kedua, miopi sedang (3-6). Ketiga, miopi berat. Untuk miopi sedang dan berat, penggunaan kacamata merupakan hal wajib untuk membantu penglihatan. Adapun untuk miopi rendah, seseorang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan mata.

Cara menjaga kesehatan mata sangat sederhana. Anda cukup melakukan senam mata setiap hari, yakni latihan meningkatkan daya fokus mata. Caranya, lihat berbagai objek dalam jarak yang berbeda, kemudian kedipkan mata dalam tempo sedang. Selain itu, seimbangkan aktivitas di dalam dan luar ruangan. Sebab, jika terpaku pada aktivitas di dalam ruangan, mata Anda akan cepat lelah. Beraktivitas ringan di tempat terbuka dapat mengurangi risiko mata minus.
Previous
Next Post »

Tuliskan komentar anda di bawah


0 Komentar