Manfaat Periksa Mata

18.47

Periksa mata sering dianggap remeh oleh kebanyakan orang. Sebagian besar beralasan bahwa mata masih berfungsi normal dan tidak memiliki keluhan berarti. Kalaupun terjadi gangguan, orang-orang lebih senang membeli obat tetes mata atau menggunakan kacamata atas perkiraan sendiri. Hal ini jelas kurang baik karena mata merupakan organ yang sangat vital. Meskipun jarang dilakukan, pemeriksaan mata sangatlah penting. Jika fungsi mata dirasa masih normal, memeriksakan mata satu kali dalam setahun sudahlah cukup.

Dalam kondisi tertentu, mata memang harus cepat-cepat diperiksakan. Situasi-situasi yang mengharuskan mata diperiksa antara lain mata sering terasa gatal, muncul kilatan cahaya atau bintik hitam dalam penglihatan, serta mengalami penurunan penglihatan setelah menggunakan komputer dalam waktu lama. Begitu pula rasa pening, mabuk, atau sulit mengikuti objek bergerak serta baru mampu membaca tulisan dari jarak agak jauh atau sangat dekat, merupakan pertanda adanya gangguan pada mata.

Adapun jika mata Anda dalam kondisi normal, pemeriksaan mata bermanfaat untuk mengukur ketajaman penglihatan. Hal ini penting untuk menentukan apakah Anda membutuhkan alat bantu penglihatan serta menilai tingkat kerentanan aktivitas sehari-hari, terutama pekerjaan, terhadap mata Anda. Selain itu, pemeriksaan mata sangat berguna untuk mendeteksi apakah Anda terserang penyakit glaukoma. Penyakit mata yang satu ini harus diwaspadai karena bisa menyebabkan kehilangan penglihatan tanpa didahului gejala yang berarti. Begitu pula katarak yang bersifat melumpuhkan penglihatan secara perlahan. Karena itu, jangan remehkan pentingnya periksa mata.
Previous
Next Post »

Tuliskan komentar anda di bawah


0 Komentar