Sudah Waktunyakah Anda Menggunakan Kacamata?

15.56

Kacamata merupakan alat bantu agar seseorang dapat melihat dengan lebih jelas. Ada banyak jenis kacamata yang beredar di pasaran. Selain untuk membantu orang-orang yang menderita gangguan penglihatan, kacamata juga marak digunakan sebagai gaya hidup. Namun, fungsi pokok kacamata tetap tidak berubah, yakni agar seseorang dapat melihat objek secara fokus.

Kacamata digunakan saat terjadi penurunan kemampuan melihat. Dalam hal ini, penurunan itu bisa karena rabun dekat atau jauh, mata silindris, dan sebagainya. Biasanya, kacamata direkomendasikan oleh dokter setelah seseorang menjalani pemeriksaan dan hasilnya mengalami mata plus atau minus tingkat sedang (di atas 3). Namun, tentu saja ada pertanda awal kapan Anda harus menggunakan kacamata.

Kacamata mungkin sudah harus digunakan saat Anda tidak mampu membaca tulisan dari jarak dekat secara cepat. Dalam hal ini, Anda kesulitan menebak suatu kata yang bentuk hurufnya mirip, misalnya “cepat” atau “cegat”, “rekat” atau “sekat”, dan sebagainya. Jika Anda harus memundurkan buku dan tulisan baru terlihat jelas, artinya sudah waktunya Anda menggunakan kacamata baca.

Selain itu, kacamata juga perlu digunakan saat Anda merasa sering salah menilai jarak. Sebagai contoh, Anda salah memperkirakan ruang yang tersedia saat memarkirkan mobil atau melihat ketinggian suatu bangunan. Begitu menggunakan kacamata, Anda dapat meningkatkan akurasi sekaligus persepsi dalam melihat benda. Begitu pula jika Anda cepat lelah saat melakukan aktivitas ringan. Hal ini mengindikasikan bahwa mata Anda kurang fokus. Ini artinya, sudah saatnya Anda menggunakan kacamata.
Previous
Next Post »

Tuliskan komentar anda di bawah


0 Komentar