Tips Mencegah Rabun Jauh

20.28

Rabun jauh merupakan gangguan pada mata, di mana penderitanya mengalami kesulitan untuk melihat objek jauh. Sebagai gambaran, murid yang menderita rabun jauh tidak bisa membaca tulisan di papan tulis jika ia duduk di deretan bangku paling belakang. Adapun saat di luar ruangan, pengemudi mobil tidak bisa melihat jelas rambu-rambu lalu lintas di tepi jalan.

Secara alami, penderita rabun jauh biasanya menyipitkan mata ketika melihat objek yang berjarak jauh. Dengan kata lain, rabun jauh menyebabkan penderita harus bekerja lebih keras agar bisa melihat objek jauh. Karena itu, penderita rabun jauh sering mengalami sakit kepala. Bukan hanya itu, akibat mata cepat lelah, penderita rabun jauh lebih banyak mengedipkan mata dibanding orang-orang dengan penglihatan normal. Apabila penderita rabun jauh melihat secara normal, ia kerap tidak menyadari keberadaan objek jauh.

Rabun jauh umumnya disebabkan terlalu lama beraktivitas dengan jarak pandang tetap setiap hari. Hal tersebut membuat mata berkontraksi lebih lama sehingga cepat lelah. Karena itulah, rabun jauh banyak diderita pekerja yang banyak melakukan aktivitas di depan komputer. Kontraksi otot mata secara monoton dalam jangka panjang merupakan faktor penting seseorang mengalami rabun jauh.

Untuk mencegah rabun jauh, Anda harus mengistirahatkan mata secara teratur. Meskipun pekerjaan sangat menuntut konsentrasi, bukan berarti mata diforsir terus-menerus. Setiap satu atau dua jam sekali, alihkan pandangan Anda selama beberapa menit. Melihat pemandangan di luar akan membantu melemaskan otot mata. Objek yang dilihat sebaiknya berjarak jauh sehingga mata tidak mengalami rabun jauh.

Semoga Tips Mencegah Rabun Jauh di atas dapat bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya di situs blog kami, dan tunggu artikel menarik dan informatif berikutnya dari kami.
Previous
Next Post »

Tuliskan komentar anda di bawah


1 komentar

  1. nice info broo,, sangat membantu..
    blog ane nih broo http://www.tonomons.com/

    BalasHapus