Mengapa Mata Terasa Lelah Saat Membaca?

17.47

Kondisi mata lelah atau Eye fatigue ialah kondisi dimana ketika mata terasa pegal, lelah, atau berat karena penggunaan penglihatan yang cukup intensif. Umumnya ini bukanlah suatu penyakit, dan tidak memerlukan perawatan medis secara khusus, tapi tidak ada salahnya jika kita bisa mengetahui bagaimana cara untuk mencegahnya, agar penglihatan tetap terasa nyaman dan tidak terganggu saat beraktifitas.

Lalu, apa yang biasanya menyebabkan mata terasa lelah?

Kondisi mata lelah dapat berasal dari sejumlah kegiatan. Beberapa hal yang paling umum yang bisa menyebabkan mata terasa lelah diantaranya bekerja di depan layar komputer terlalu lama, kondisi pencahayaan yang buruk, mengendarai mobil untuk jangka waktu yang lama, membaca untuk waktu yang lama, atau kegiatan lain yang mungkin memerlukan mata untuk menjaga fokus penglihatan secara intensif dalam jangka waktu yang cukup lama.

Apa saja yang menjadi gejala kelelahan pada mata?

Tanda-tanda umum dan gejala kelelahan mata meliputi:
  • Rasa sakit pada mata
  • Mata terasa kering
  • Mata berair
  • Punggung, leher, dan nyeri bahu
  • Kelelahan secara umum
  • Merasa dari berat di mata

Apa yang bisa sebaiknya dilakukan ketika mata terasa lelah?

Kelelahan pada mata adalah gangguan yang cukup mengganggu. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelelahan pada mata, namun jika keseluruhan dari tips kali ini, masih belum bisa mengatasi kondisi kelelahan mata Anda, kami sarankan untuk mengunjungi dokter spesialis mata terdekat karena walaupun secara umum ini bukanlah suatu penyakit, tetapi kadang-kadang, ada penyebab medis lain yang mendasari kelelahan pada mata yang membutuhkan pengobatan tambahan. Beberapa praktek umum yang dapat mengurangi efek dari kelelahan mata adalah:
  • Periksa pencahayaan di sekitar saat melakukan aktifitas yang memerlukan penglihatan. Kadar ketinggian kontras pencahayaan di sekitar akan mempengaruhi tekanan pada mata Anda. Jadi ketika Anda sedang membaca, menonton TV, atau bekerja pada komputer, pastikan ruangan yang digunakan memiliki pencahayaan yang merata, sehingga mata Anda tidak perlu bekerja keras dalam membantu mengerjakan aktifitas yang sedang dilakukan.
  • Lakukan istirahat. Biarkan tubuh anda terutama mata beristirahat sejenak saat melakukan aktifitas. Hal ini untuk mengembalikan kondisi mata anda dan membuat segar kembali dan siap untuk digunakan kembali dalam membantu aktifitas yang sedang dilakukan. Yaitu dengan cara, minimal 15 menit sekali, pejamkan mata Anda selama beberapa detik. Atau dengan melihat objek yang berjarak 6 meter lebih dari pandangan selama 10-15 menit.
  • Pastikan jika Anda mengenakan kacamata, lakukan pemeriksaan secara reguler agar koreksi yang dihasilkan selalu sesuai dengan kebutuhan penglihatan karena kurang tepatnya koreksi yang dihasilkan oleh kacamata, bisa juga membuat mata cepat lelah dan berair.
Khusus untuk Anda yang mengenakan kacamata, Anda bisa berkonsultasi langsung kepada kami agar kami bisa menyarankan salah satu produk terbaik dari Essilor yang memiliki teknologi Anti-Fatigue yang dapat sangat membantu menghindari kelelahan pada mata pada saat beraktifitas. Semoga tips di atas dapat bermanfaat.
Previous
Next Post »

Tuliskan komentar anda di bawah


0 Komentar