Sayuran dan Buah-buahan Apa Saja Yang Baik Untuk Kesehatan Mata?

02.57

Mengkonsumsi cukup sayuran dan buah-buahan yang kaya antioksidan, tidak hanya baik untuk kesehatan keseluruhan tubuh Anda, tetapi juga dengan baik mendukung dan mempertahankan kesehatan mata serta membantu mencegah penyakit mata. Antioksidan adalah sebutan untuk zat seperti vitamin dan mineral yang melindungi sel-sel tubuh Anda dari molekul yang tidak stabil atau dikenal sebagai radikal bebas. Dengan memiliki pemahaman mengenai buah-buahan dan sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, diharapkan Anda dapat membuat pilihan diet yang mendukung juga penglihatan yang baik. Berikut adalah daftar sayuran dan buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk kesehatan mata Anda :

Sayuran hijau bewarna gelap

Sayuran hijau yang berwarna gelap. kaya akan lutein dan zeaxanthin antioksidan. Antioksidan ini adalah pigmen alami yang membantu mencegah degenerasi makula, yang dapat menyebabkan kebutaan. Lutein secara alami ditemukan dalam makanan seperti bayam, selada romaine dan brokoli, sementara zeaxanthin ditemukan dalam makanan seperti kale dan bayam. collard hijau dan lobak hijau adalah sumber besar dari kedua antioksidan.

Wortel dan Ubi Jalar

Wortel dan ubi jalar ini mengandung antioksidan beta karoten - pigmen alami yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh Anda. Beta karoten sangat bermanfaat dalam menjaga kemampuan penglihatan pada saat kondisi malam atau gelap dengan baik. Menurut University of Maryland Medical Center, orang yang makan banyak makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel segar dan kentang manis, juga memiliki risiko lebih rendah menderita katarak daripada orang yang tidak. Lainnya dalam buah-buahan berwarna kuning-oranye dan sayuran, seperti labu musim dingin, melon, aprikot, persik dan mangga juga merupakan sumber beta karoten yang sangat baik.

Buah beri dan Paprika

Buah beri merah dan paprika adalah salah satu buah dan sayuran yang kaya vitamin C, antioksidan penting untuk menjaga kesehatan mata yang baik. Vitamin C sangat bisa digabungkan dengan antioksidan lain untuk membantu melindungi mata Anda dari degenerasi makula. Anda harus memberikan tubuh Anda dengan vitamin ini setiap hari karena sejatinya tubuh manusia tidak dapat membuat atau menyimpan vitamin C. Selain buah beri merah dan paprika, yang kaya akan vitamin C dari golongan buah-buahan dan sayuran lainnya yaitu blueberry, cranberry, semangka dan tomat.

Alpukat

Alpukat mengandung lutein, vitamin C dan E, yang semuanya membantu dalam menciptakan penglihatan yang sehat. Degenerasi makula dewasa, juga dikenal sebagai AMD, adalah penyebab utama kebutaan di Amerika Serikat. Gangguan ini mempengaruhi bagian tengah retina, atau makula, yang mengakibatkan hilangnya penglihatan sentral yang jelas. Menurut New York University Langone Medical Center, double-blind, kontrol plasebo dilakukan pada 3640 individu dalam tahap awal AMD menyarankan bahwa vitamin E, bila dikombinasikan dengan vitamin C, beta karoten dan Zinc, secara signifikan memperlambat perkembangan awal AMD.

Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan salah satu sumber makanan yang sangat baik yang mengandung Zinc. Zinc tidak hanya memainkan peran penting dalam penyembuhan luka dan fungsi sistem kekebalan tubuh yang tepat, hal ini juga penting untuk penglihatan yang baik. Bahkan, University of Maryland Medical Center melaporkan bahwa kebutaan malam adalah gejala defisiensi zinc.

Nah demikian daftar dari sayuran dan buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan mata Anda. Semoga informasinya bermanfaat. Jangan klik like dan bagikan.
Previous
Next Post »

Tuliskan komentar anda di bawah


0 Komentar