Mengenali Bahaya Rokok Untuk Kesehatan Mata

16.11

Seperti yang sudah diketahui secara umum, merokok adalah salah satu dari beberapa sumber penyakit yang bisa menyebabkan kematian dini. Merokok dapat membahayakan hampir semua organ di tubuh Anda tak terkecuali pada mata Anda.

Beberapa penyakit yang telah banyak diketahui bersumber dari merokok ialah penyakit jantung dan kanker. Namun beberapa penyakit gangguan pada mata juga bisa bersumber dari merokok. Berikut adalah penyakit pada mata yang bisa dihasilkan dari kegiatan merokok :

Katarak

Katarak (pengaburan lensa mata) adalah penyebab utama kebutaan di dunia. Lebih dari 50 persen orang Amerika akan memiliki katarak atau menjalani operasi katarak pada usia 80 tahun.

Merokok secara signifikan meningkatkan risiko terkena katarak dibandingkan dengan non-perokok. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang merokok bisa terkena katarak dua kali lebih beresiko dibanding non-perokok, dan risikonya terus meningkat semakin banyak Anda merokok.

Degenerasi Makula

Degenerasi makula atau AMD (Age-related macular degeneration) sangat mempengaruhi pusat retina. Dimana retina ini yang bertugas agar penglihatan bisa lebih tajam dan fokus yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari seperti membaca dan mengemudi.

Degenerasi makula menyebabkan "titik-titik buta" dan seringkali sangat mengganggu fokus penglihatan. AMD adalah penyebab utama kebutaan permanen di kalangan orang Amerika berusia 65 dan lebih tua.

Studi menunjukkan perokok dapat memiliki peningkatan tiga kali lipat dalam risiko pengembangan AMD dibandingkan dengan orang-orang yang tidak pernah merokok. Dan perokok wanita di atas usia 80, 5,5 kali lebih mungkin untuk menderita AMD daripada non-perokok pada usia yang sama.


Merokok adalah faktor risiko terkontrol terbesar yang terkait dengan AMD, namun untungnya dengan segera berhenti merokok, resiko AMD ini bisa dikurangi bahkan secara signifikan.

Uveitis

Uveitis (radang lapisan tengah mata, atau uvea) adalah penyakit mata yang serius yang bisa mengakibatkan kebutaan total.

Uveitis merusak struktur vital mata, termasuk iris dan retina, dan dapat menyebabkan komplikasi seperti katarak, glaukoma dan ablasi retina.

Bukti menunjukkan perokok lebih mungkin daripada non-perokok untuk memiliki uveitis, dan merokok ini sangat terkait dengan berkembangnya uveitis. Salah satu studi di Amerika menemukan bahwa dengan merokok meningkatkan resiko 2,2 kali lebih besar terkena uveteis dibanding dengan tidak merokok.

Retinopati Diabetik

Retinopati diabetik bisa merusak pembuluh darah retina dan bisa mengakibatkan kebutaan. Lebih dari 5 juta orang Amerika yang berusia 40 tahun ke atas memiliki retinopati diabetik karena diabetes tipe 1 atau tipe 2. Dan jumlah tersebut akan tumbuh menjadi sekitar 16 juta pada tahun 2050, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S.

Merokok kemungkinan besar bisa meningkatkan resiko terkena diabetes sebanyak dua kali lipat dibanding dengan tidak merokok sama sekali. Namun ada beberapa studi juga yang menyatakan adanya hubungan kausal antara merokok dan perkembangan retinopati diabetik, serta penyakit komplikasi diabetik lainnya.

Mata Kering

Kondisi mata kering menggambarkan air mata yang tidak mencukupi di permukaan mata, yang dibutuhkan untuk menjaga agar mata tetap dilumasi dan sehat. Penderita mata kering bisa mengalami kemerahan mata, gatal, seperti ada "benda asing" yang masuk ke dalam mata dan bahkan mata berair.


Asap tembakau adalah salah satu penyebab iritasi mata yang diketahui dan memperburuk mata kering terutama untuk pemakai lensa kontak. Orang yang merokok hampir dua kali lebih mungkin menderita mata kering.

Penyakit Mata Pada Bayi

Wanita yang merokok saat hamil mengirimkan racun berbahaya ke plasenta, berpotensi membahayakan janin. Merokok saat hamil meningkatkan kemungkinan banyak kelainan mata pada janin dan bayi, atau masalah kesehatan serius lainnya termasuk penyakit strabismus (crossed eyes) dan keterbelakangan saraf optik, yang merupakan penyebab utama kebutaan pada anak-anak.

Selain itu, wanita yang merokok selama kehamilan lebih cenderung melahirkan prematur; Semua bayi yang lahir prematur berisiko lebih besar terhadap masalah mata daripada bayi yang lahir secara normal pada umumnya. Masalah penglihatan pada bayi prematur juga termasuk retinopati prematuritas, penyakit yang berpotensi menyilaukan penglihatan pada bayi.

--------------------

Artikel Mengenali Bahaya Rokok Untuk Kesehatan Mata di atas ditranslasi dari situs All About Vision. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda yang ingin tetap waspada akan bahayanya merokok bagi kesehatan.

Sumber : http://www.allaboutvision.com/smoking/
Previous
Next Post »

Tuliskan komentar anda di bawah